1. 1. Olahraga seminggu 2-3 x tetapi jangan terlalu sering cardio

Olahraga secara rutin menjadi salah satu cara menambah berat badan secara alami. olahraga angkat beban tentunya juga membantu memaksimalkan perkembangab otot tubuh sehingga berat badan juga naik. Namun kamu disarankan untuk tidak oleharga jenis kardio secara sering.  Selain itu hindari olahraga aerobik. Kamu bisa lakukan olahraga anaerobik.p

2. Hindari Begadang dan Merokok

Begadang adalah musuh besar buat kamu jika kamu ingin menambah berat badan. Selain itu begadang juga beresiko mendatangkan penyakit lainnya. Tak hanya begadang, kamu juga sangat disarankan untuk tidak merokok. Karena rokok dapat memicu tubuh untuk tidak merasa laparsehingga nafsu makan menjadi turun.

3. konsumsi makanan yang tinggi protein & kalori

makanan seperti dada ayam , daging sapi , susu penambah berat badan , pisang , kacang-kacangan , alpukat , dan makanan yg mempunyai kalori yg tinggi juga bermanfaat untuk menaikkan berat badan.

4. Berapa kebutuhan kalori saya dalam sehari?

Sebelum mengetahui berapa banyak kalori yang harus ditambahkan agar berat badan naik, Anda harus mengerti dulu kebutuhan kalori standar yang Anda butuhkan. Setiap orang mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Kebutuhan ini tergantung dengan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, serta aktivitas fisik yang dilakukan sehari-hari.

Contohnya saja, seorang laki-laki dewasa (20-59 tahun) mempunyai berat badan sebesar 62 kg dengan tinggi 165 cm, aktivitas fisik yang dilakukannya sehari-hari tergolong tingkat sedang. Maka laki-laki tersebut membutuhkan kalori sekitar 3000 kalori per hari. Berbeda dengan wanita dengan usia dan aktivitas fisik sama, dengan berat badan 54 kg dan tinggi 156 cm, kalori yang dia butuhkan hanya sebesar 2250 kalori.

Perhitungan kalori bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi, perhitungan secara online, atau Anda dapat melakukannya di website yg tertera di bawah,  Untuk mengetahui kebutuhan kalori yang tepat Anda bisa mendiskusikannya dengan ahli gizi atau tenaga medis.

https://nutritiondata.self.com/tools/calories-burned

Menu