Apakah berlatih angkat beban bisa menyebabkan dan menghambat pertumbuhan tinggi badan kita? Penasaran kan tentang mitos yang satu ini? Simak penjelasannya sekarang juga!

Mitos Angkat Beban terhadap tinggi badan

Proses pertumbuhan tinggi badan manusia dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor genetic, faktor nutrisi, dan faktor lingkungannya. Tetapi juga terdapat banyak mitos yang timbul disekitar kita bahwa angkat beban bisa membuat tubuh menjadi pendek atau pertumbuhan tinggi badan akan terhambat. Pertanyaannya, apakah benar bahwa olahraga angkat beban akan membuat pertumbuhan tinggi badan kita terhambat? Ayo simak jawabannya dibawah ini.

Faktor utama yang memiliki peranan penting terhadap kondisi fisik seseorang adalah dari genetic dari orang itu sendiri. Gen didalam tubuh yang bisa mempengaruhi tinggi atau rendahnya fisik seseorang dikenal dengan HMGA2. Perubahan sebuah huruf dasar pada kode genetic HMGA2 adalah sebuah C yang disingkat dengan Cytosine yang bisa mempengaruhi tinggi rendahnya badan seseorang yang hanya mendapatkan C dari salah satu orang tuanya akan lebih tinggi setengah centimeter dari yang hanya mempunyai huruf T yang disingkat Thymin. Hal ini juga berlaku jika seseorang yang mempunyai C ganda akan membuat mereka tumbuh tinggi 1 centimater dari yang memiliki T ganda.

Ketika kita berlatih angkat beban (dengan rutin dan benar) maka akan memberikan efek dan manfaat yang baik bagi tubuh kita selama dilakukan pada batas wajarnya (tidak terlalu berlebihan/overtraining). Untuk kalian yang masih berada pada masa pertumbuhan, direkomendasikan untuk menggunakan beban yang tidak terlalu berat dengan menggunakan teknik gerakan yang benar dan juga jumlah repetisi yang tepat untuk melatih kekuatan otot agar mendapatkan hasil tubuh proporsional nantinya. Pada umumnya direkomendasikan menggunakan berat beban sedang dengan repetisi tinggi 15 sampai 20 repetisi dalam setiap setnya.

Selain hal diatas, pada usia pertumbuhan lempeng pertumbuhan tulang kita masih sedang berkembang, jadi berlatih angkat beban dengan teknik yang benar pastinya akan menghindarkan kita dari cedera otot akibat salah mengangkat beban. Cobalah untuk menyewa personal trainer untuk memaksimalkan latihan dan mendapatkan hasil yang maksimal nantinya. Olahraga angkat beban sejatinya akan memberikan manfaat untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang kita, hal ini kana menghindarkan kita dari osteoporosis atau tulang keropos. Selain itu, faktor nutrisi sehat juga faktor penting dalam proses pertumbuhan tubuh. Pastikan tubuh cukup akan asupan kalsium dan zat besi dalam makanan sehari-hari kita. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan proses pertumbuhan tubuh kita menjadi lebih baik lagi tentunya.

Kesimpulan dari penjelasan diatas adalah bahwa Mitos angkat beban apakah bisa menghambat proses pertumbuhan tubuh kita? Jawabannya adalah ANGKAT BEBAN TIDAK AKAN MENGHAMBAT PROSES PERTUMBUHAN TINGGI BADAN KITA. Angkat beban justru akan membantu kita dalam meningkatkan kepadatan tulang sekaligus meningkatkan kekuatan tubuh kita. So sudah tahu kan tentang fakta angkat beban terhadap pertumbuhan tinggi badan ini, jadi untuk kalian yang sudah melakukan latihan angkat badan segeralah untuk melanjutkannya, bagi yang belum ayo mulai angkat beban sekarang juga! Salam olahraga!

Menu