APA ITU KARDIO, FUNGSI DAN MANFAATNYA ?

Kardio istilah yang sudah  sudah umum dikalangan pencinta olahraga terutama Fitnes / Gym. Banyak yang datang ke tempat gym, terus bingung mau ngapain ? ada yang tanyak pengertian kardio ?

untuk anda semua jangan asal pilih kalau memang belum tau fungsi dan manfaatnya, Kardio berbeda dengan Pemanasan, berbeda dengan Peregangan otot, apalagi dengan Angkat Beban sangat bertolak belakang.

Pertama, kita harus tau dulu pengertian Kardio itu apa ? Kardio itu asal muasal katanya dari Cardiovascular, dan istilah ini berhubungan dengan 2 hal yaitu Jantung dan Pembuluh darah. Cara kerja Cardiovascular System yaitu jantung memompa darah, terus membiarkan darah mengalir keseluruh tubuh (membawa nutrisi) lewat arteri kesemua bagian tubuh yang dilewati, termasuk otot. tubuh bisa merasakan efek Cardiovascular itu dari denyut nadi tangan, (dup dup dup dup.. itu biasanya dijadikan penentu denyut nadi kita). Latihan Cardio Akan membuat Jantung terpacu dan memompa lebih banyak darah ke dalam sistem dengan membawa nutrisi dan oksigen kedalam sel.
Ketika Seseorang Mengatakan ” LAKUKAN CARDIO” saat berolahraga di gym, Maka Jenis latihan yang dimaksud berfungsi untuk meningkatkan sistem sirkulasi jantung dan darah.

Setiap Aktifitas yang meningkatkan Pacu Jantung hingga 50 – 70 % dari denyut maksimum dapat dikategorikan sebagai cardio.

Nah, terus apa hubungannya Cardiovascular sama olahraga ? kenapa suatu sistem tubuh bisa jadi istilah dalam olahraga ? Banyak penyakit yg ditakutin dimuka bumi ini, ada penyakit yang menyerang tubuh manusia dengan cara “mengerogoti” sistem kekebalan tubuh seperti leukimia dll, atau ada yg menyerang organ tubuh seperti kanker, ada juga yg menyerang sistem saraf dll, itu semua mengerikan, dan menyakitkan. tapi cuma 1 hal yg bikin orang shock dan dalam sekejap meninggal dunia, apa itu ?

  1. Serangan Jantung

Serangan jantung tidak melihat waktu, orang lagi ketawa bisa tiba-tiba meninggal karena serangan jantung.

Atas dasar penyakit serangan jantung, hal ini meluas ke hal-hal seperti tekanan darah dll. Dengan melatih Sistem Cardiovascular diyakini bisa menstabilisasi tekanan darah, sistem peredaran darah, memperkuat jantung dan paru-paru, dan juga melatih denyut jantung kita sehingga terhindar dari serangan jantung mendadak.

Lalu apa dan kaya gimana latihan Cardiovascular itu ? latihan ini pada dasarnya melibatkan otot besar yaitu kaki (dominan) yg bantu jantung buat memompa darah. (Ini salah satu alasan kenapa bahwa latihan otot kaki itu harus diawal ? karena latihan otot kaki itu bikin capek, bikin kerja jantung extra keras). Selain jantung, latihan kardio juga sangat membutuhkan oksigen, dimana oksigen yg jadi kunci utama, karena oksigen yang kita hirup itu yang membuat jantung kita bertahan dan bisa memompa. Nah dari siklus tersebut (oksigen – jantung – pembuluh darah) akhirnya muncul istilah Aerobic. Jadi sebenernya semua latihan Cardio itu merupakan bagian dari Aerobic, dimana kebutuhan kita akan oksigen dimanfaatkan untuk memperbaiki kinerja jantung.

Dengan latihan Cardiovascular, kita bisa ukur denyut jantung kita, apakah normal atau tidak.  menurut pendapat beberapa dokter cara mencari tahu bagaimana cara mengukur denyut jantung secara manual. Pengukuran denyut jantung sebaiknya dilakukan waktu kondisi tubuh lagi relax, atau kondisi istirahat. Detak jantung maksimum seseorang itu bisa melebihi jumlah detik dalam semenit.

Kalian bisa coba ukur manual seperti ini :

Batas bawah 0.5 dan batas atas yaitu 0.85

Wanita —> 226 – umur

Pria      —> 220 – umur

contoh :

Pao, pria 21 tahun.

Hitung : 220 – 21 = 199

Batas bawah (minimum) detak jantung adalah0,5 x 199 = 100/menit (pembulatan keatas / kebawah)

Batas atas (maksimum ) detak jantung adalah 0,85 x 199 = 170/menit (pembulatan keatas / kebawah)

Jadi batas aman detak jantung Pao itu antara 100-170/menit.

Coba kalian hitung sendiri, kalo denyut jantung kalian lebih rendah dari batas bawah atau malah lebih tinggi dari batas atas, artinya kalian harus mulai latihan untuk memperkuat jantung, gimana caranya ? ya latihan Cardiovascular, atau segera cek ke dokter ahli untuk konsultasi.

Sekarang, apa aja sih latihan Cardiovascular itu ?

Tadi saya uda bilang, latihan ini melibatkan otot besar, terutama kaki yg jadi dominannya, seperti :

  1. Berlari (jogging)
  2. Jalan
  3. Renang
  4. Senam aerobic
  5. Bersepeda

dll.

Efek dari latihan kardio selain memperkuat paru-paru dan jantung yaitu bakar kalori, jelas bahwa kalo kita kardio kita butuh energi yg dibakar, latihan kardio tidak membutuhkan ekstra power dari otot, tapi lebih kearah daya tahan, keseimbangan pernafasan, stamina dan kerja jantung. Sehingga saya sering bilang bahwa latihan kardio ini efektif buat orang yg lagi fatloss, asalkan dilakukan pada waktu yg tepat yaitu ? pagi hari, bangun tidur sebelom makan.. Selain waktu tersebut, jgn berharap latihan kardio fatloss kamu berhasil, kalaupun berhasil ya ga efektif, buang waktu lama.

Dengan kondisi orang yg udah ideal, punya otot, dsb apa pentingnya Cardiovascular ? saya tetap jalankan kardio, dan bisa dibilang rajin, setidaknya seminggu 3x, tujuannya bukan buat bakar lemak, tapi lebih dari itu buat jaga kondisi jantung, melatih jantung biar tetep berada di zona aman” kata koko.

 

Kalo kamu lagi program fatloss, maka lakukanlah seperti ini :

  1. Hindari makanan yg mengandung karbohidrat tinggi dimalam hari
  2. Lalu latihan kardio pas paginya, bangun tidur sebelom makan.

Kombinasi 2 hal ini yg bikin badan kamu mengunakan Lemak sebagai energi pas kamu kardio pagi.

Tapi kalo kamu lagi gak program fatloss, tapi cuma pengen melatih jantung, maka lakukanlah seperti ini :

  1. Kardio pagi

– Malemnya makan komplit, karbohidrat tinggi (kompleks) + protein + lemak baik

– lalu latihan kardio pas paginya, bangun tidur sebelom makan.

Kombinasi 2 hal diatas bikin badan kamu memiliki cukup karbohidrat dipagi hari, jadi tubuh gunain sisa karbohidrat untuk dibakar. Kamu ga akan kehilangan lemak. Karena tujuan kamu bukan fatloss.

  1. Kardio sore / malam

– Kalo sore atau malam, ya ga perlu pusing, kondisi badan kamu pasti masih banyak karbohidrat, jadi bisa langsung kardio, kecuali kalo kamu ga makan seharian.

Udah ngertikan apa itu Kardio ? kalo udah tau, harusnya kalian bisa tentuin apa tujuan kalian kardio, jangan sampe kalian kardio tapi salah momen. Tujuannya pengen latih jantung tapi taunya yg ada badan tambah kurus. Itu ga baik.. atau sebaliknya, pengen fatloss tapi gagal soalnya kardio disaat tubuh tinggi kadar karbo dan gula, malah buang tenaga.. Jadi pada dasarnya semua latihan Kardio itu tujuannya untuk melatih jantung, kapanpun waktunya, hanya aja Kardio bisa dijadiin salah satu cara yg efektif untuk program fatloss, jika dilakukan di momen yg pas. semoga bermanfaat.

Menu