Pertanyaan pilihan mana yang lebih baik dilakukan, gerakan latihan Plank atau crunch untuk membentuk otot? Temukan jawabannya sekarang juga dengan membaca artikel berikut ini.

Pilih latihan Plank atau latihan Crunch untuk bentuk otot

Jika ditanya demikian, jawabannya pastinya tergantung pada tujuan latihan yang ingin anda capai. Kalau tujuan latihan anda adalah untuk membangun stabilitas, maka latihan plank adalah opsi paling tepat dibanding crunch. Sebaliknya, jika anda ingin membangun otot abs yang kekar dan ketat, pilihan berlatih crunch bisa lebih berguna. Hal ini tidak berarti anda tidak bisa mengkombinasikan kedua gerakan ini dalam latihan anda lho. Anda juga bisa melakukan keduanya dengan catatan tidak terlalu berlebihan dalam melakukannya.

Menurut scott herman, salah satu atlet BSN sering menggabungkan kedua latihan ini dalam rutinitas laihannya. Scott sering melakukan latihan crunch di awal latihannya. Alasannya adalah latihan crunch bisa membuat otot perut berkontraksi lebih awal sehingga pada gerakan selanjutnya yaitu latihan plank, akan memberikannya tantangan lebih mantap daripada biasanya.

Menurut scott, latihan plank bisa dilakukan dengan durasi sekitar 5 menit saja jika otot relatif segar. Namun, jika melakukan gerakan plank setelah melakukan crunch seperti yang dia lakukan, maka akan membuat 5 menit lebih intens dan kemungkinan juga harus mengurangi jumlah waktu ketika melakukan latihan plank.

Kesimpulannya adalah, jika anda adalah golongan fitness mania pada umumnya, pilihlah salah satu gerakan ini sesuai dengan tujuan latihan anda, namun jika anda termasuk seseorang yang gila akan tantangan dan suka mencoba hal baru, anda bisa melakukan saran dari scott dengan menggabungkan kedua gerakan latihan plank dan crounch salam satu rangkaian latihan. Selamat mencoba ya! Salam olahraga.

Menu